Preloader
  • Solopos Institute lahir sebagai jawaban atas berbagai dinamika kebutuhan masyarakat...
Utang Whoosh hingga Purbaya Effect

Utang Whoosh hingga Purbaya Effect

Sebanyak 31.100 konten dan 41,56 juta interaksi menyangkut topik Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa di ruang digital. Temuan tersebut didasarkan pada hasil pemantauan media oleh Solopos Institute tentang topik Menkeu Purbaya selama periode 8 Oktober – 6 November 2025.

Setengah dari total percakapan tentang Menteri Purbaya di ruang digital bersentimen netral dan 40% lebih bersentimen positif. Meski demikian sentimen negatif juga cukup tinggi, yakni mencapai 9,13% atau lebih dari 2.800 percakapan, salah satunya tentang protes para gubernur imbas pemangkasan Dana Transfer Daerah.

Dari total tersebut, mayoritas berasal dari pemberitaan media konvensional. Hampir sepertiga dari total konten tentang Menkeu Purbaya, sebanyak 29,14% berasal dari media konvensional online.

Sementara itu, TikTok menjadi media asal konten terbanyak dengan total mencapai 23,73% (9.063 konten), Facebook mencapai 23,25% (7.232 konten) dan Instagram sebanyak 17,15% (5.333 konten).

Sementara Youtube hanya menyumbang 4,67% (1.452 konten), Forum 2,02% (627 konten), X (Twitter) dan Blog hanya menyumbang 0,05% atau sekitar 14 konten saja.

Solopos Institute lalu mengklasifikasikan 31.000 konten tersebut menjadi delapan isu utama yakni isu Lainnya, Utang Whoosh, Penempatan Rp200 triliun di Himbara, Pemotongan DAU/DBH, Dana pemda mengendap di bank, Evaluasi anggaran MBG, Tindak thrifting ilegal dan Purbaya effect.

Dari delapan isu utama tersebut, isu Lainnya paling banyak. Meski demikian, isu Lainnya tetap menyangkut kata kunci Menteri Purbaya, hanya saja tidak secara spesifik masuk dalam tujuh isu utama lainnya. Yang termasuk dalam isu Lainnya seperti komentar terhadap kebijakan donasi Rp1.000 Gubernur Jabar KDM.

Isu utang Whoosh sebanyak 2.007 konten, isu Penempatan Rp200 triliun di Himbara sebanyak 1.554 konten, Pemotongan DAU/DBH sebanyak 1.532 konten, Dana pemda mengendap di bank sebanyak 1.097 konten, Evaluasi anggaran MBG sebanyak 716 konten, isu Tindak thrifting ilegal sebanyak 538 konten, dan paling sedikit yakni isu Purbaya effect hanya 116 konten.

Hasil pemantauan terhadap topik Menkeu Purbaya menunjukkan bahwa hari dengan jumlah konten media daring dan media sosial terbanyak terjadi pada 9 Oktober 2025. Namun, engagement tertinggi sepanjang periode pemantauan tercatat pada 20 Oktober 2025 dengan total 3,596 juta engagement.

Pada hari tersebut, unggahan yang paling banyak mendapat respons warganet adalah konten dari akun TikTok @purbayayudhis yang menampilkan dirinya saat menghadiri acara penyerahan uang pengganti kerugian negara dalam perkara tindak pidana korupsi pemberian fasilitas ekspor CPO dan turunannya pada industri kelapa sawit tahun 2022 di Gedung Utama Kejaksaan Agung. Unggahan dengan sentimen positif tersebut meraih 704.855 engagement.

Akun Tiktok Purbaya Yudhi Sadewa (@purbayayudhis) bertanda biru menjadi akun medsos dengan engagement tertinggi kedua di semua platform dengan total engagement 2.390.987 engagement.

Sumber :
Solopos Institute

Administrator biography

0 ulasan

Belum ada ulasan, jadilah yang pertama!

Kirim Ulasan

Your email adress will not be published ,Requied fileds are marked*.